Selamat siang dalam bahasa Inggrisnya sepadan dengan Good day, sementara Selamat Malam/Selamat Tidur adalah Good Night. Ungkapan yang memberkati, semoga siang Anda baik, semoga malam Anda menyenangkan, dan tidur Anda, kejatuhan berkat Tuhan.

Mengapa…?

Tulisan ini berawal dari pembacaan firman bertema: “Renungkanlah Firman Tuhan siang dan malam (Maz 1:1-3; Yosua 1:8). Banyak di antara kita sudah akrab dengan ayat ini, termasuk saya, “Mengapa harus siang, dan mengapa harus malam?”

Bahwa hampir semua dari kita melakukan aktifitasnya di siang hari. Yang jadi pelajar, belajar sampai siang, yang jadi pekerja, tugas demi tugas merayap di siang hari, yang jadi ibu rumah tangga, yang jadi bos, yang jadi bawahan, yang jadi politisi, dan seterusnya, hampir semua kegiatan kita numplek di siang hari. Nah, di saat-saat aktifitas/rutinitas tersebutlah, sangat mudah bagi kita melupakan yang lain, termasuk firman Tuhan. Ada yang bilang, “selagi jadi pelajar, bolehlah nyontek.”. Ada juga yang bilang “Kita, kan kerja, curang-curang dikit gpplah”. Ups! Kita harus ingat Tuhan di siang hari.

Setelah seharian penuh beraktifitas, kita masih dapat tugas/perintah/kewajiban/keharusan untuk merenungkan firman Tuhan. Ya, waktu malam hari. Untuk mengucap syukur atas segala yang kita terima dariNYA sepanjang hari sekaligus siap-siap menerima berkat saat tidur. God day, God Night. (3H)