Untuk mahasiswa yang sudah masuk semester-semester akhir, tugas penelitian tidak terelakkan. Ada yang semangat mengerjakan penelitiannya/skripsi/tesis/desertasinya. Ada juga yang ‘mentok’ mau nulis apa.

Langkah awal yang harus dilewati oleh calon peneliti adalah menentukan unit/tempat dan masalah penelitian. Dalam langkah ini, pastikan kita memilih masalah penelitian yang sangat kita sukai dan kuasai. Kita sukai maka kita akan berusaha mencari, kita kuasai, maka kita akan lebih mudah melakukannya.

Setelah itu, pilihlah metode penelitian yang sesuai dengan masalah penelitian kita. Bagi yang tidak suka statistik, jangan kuatir, bekerja sama dengan teman, atau minta bantuan layanan statistik, boleh dilakukan. Meski, si peneliti harus mengikuti, syukur-syukur menguasi teknik statistik yang akan digunakan.

Membaca. Ya membaca sebanyak-banyaknya materi, hasil penelitian, teori yang berkaitan dengan masalah penelitian. Usahakan membaca yang berkaitan saja.

Ketika sudah masuk dalam proses menulis, tulislah satu gagasan utama untuk satu paragraf (sambil mengingat-ingat cara menulis paragraf waktu SD). Nah, salah satu cara untuk mengembangkan tulisan, setiap kata atau topik pendukung/pelengkap di akhir paragraf, jadikan itu sebagai topik utama di paragraf selanjutnya.

Selanjutnya…

to translate, callharis.com

0812 8490 574