“Jangan mimpi deh lo”, “Liat diri dong, jangan ketinggian”. Mungkin kita sering mendengar dua ungkapan tersebut. Memang ungkapan ini sangat berbeda dengan saran-saran dari para pelatih kewirausahaan. Hampir semua pelatih, pembicara, motivator kewirausahaan mendorong pesertanya untuk membangun mimpi-mimpi yang tinggi. Tapi apakah harus bermimpi terus?

Oia, ada beberapa tips yang saya sadur berdasarkan artikel positive business attitude yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita. Tips tersebut adalah sebagai berikut:

Enjoying the Rewards
Ketika kita mengejar tujuan usaha kita, banyak waktu dan upaya yang kita berikan. Karenanya, sangatlah baik jika kita menikmati hasil dari usaha kita itu. Nikmati apa yang sedang kita jalankan dan raihlah kepuasan sesungguhnya ketika tujuan kita tercapai..

Reaching the Finish Line
Banyak rintangan dan tantangan yang tiba-tiba muncul ketika kita sedang berusaha mengejar tujuan usaha kita. Rintangan itu bermaksud menghentikan semangat kita. Dan jika kita setuju dengannya, maka “selesai” lah langkah kita. Sebagai orang yang memiliki sikap positif, lihatlah bahwa tantangan itu sebenarnya adalah langkah-langkah kecil menuju tujuan kita. Jangan kompromi dengan rintangan dan tantangan itu. Hadapi dan jangan lupa nikmati, sampai akhirnya kita sampai di garis finish.

Winning Cooperation 
Meski kita bisa mencapai tujuan usaha kita sendirian, ada baiknya jangan paksakan diri kita untuk terus sendiri. Cari bantuan orang lain, apalagi jika tujuan itu terlihat “jauh” atau “tinggi”. Bantuan dari teman dapat menguatkan bahkan mempercepat langkah kita mencapai keberhasilan. Sampaikan “mimpi” kita kepada orang yang tepat. Minta bantuan dari mereka untuk mencapainya.

Finding Opportunities
Ketika kita membuat ujuan usaha kita, seberapa besarpun tujuan itu, pasti ada peluang yang muncul untuk membantu kita mencapainya. Tetapi untuk dapat melihat peluang tersebut, kita harus memiliki sikap positif. Pandangan atau pola pikir positif adalah pandangan yang berfokus pada peluang, karenanya mereka yang memiliki pola pikir positif akan selalu dapat melihat peluang-peluang yang bermunculan.

Seizing Opportunities
Melihat peluang merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan, namun kita butuh keberanian untuk menangkapnya. Ketika peluang itu muncul, tangkaplah dan kerahkan seluruh kemampuan kita untuk mewujudkannya sebelum jendela peluang itu tertutup.

Set your business goals high, and have a positive business attitude about reaching them. If you believe that you are going to succeed, who will be able to stop you?

Hanya orang yang masih hiduplah yang bisa bermimpi, bukan? Bermimpilah dan hidupilah mimpi-mimpi kita. Mari..