Business Description (BD) atau Penjelasan tentang Usaha yang akan Anda lakukan, sebagai bagian utama dari Business Plan, haruslah dibuat dengan sebaik mungkin.

Di dalam BD ini, mulailah dengan penjelasan singkat tentang kondisi usaha yang akan Anda lakukan di saat sekarang dan peluang-peluang di masa depan. Masukkan juga kondisi pasar yang berkaitan dengan usaha yang akan Anda buat, termasuk produk-produk/jasa-jasa yang sedang marak di pasar dan tantangan-tantangan apa saja yang bisa dirubah menjadi peluang usaha Anda.

Hal lain yang perlu juga diperhatikan dalam menyusun BD ini adalah struktur dari usaha Anda. Artinya, jenis usaha apa yang akan Anda lakukan, apakah usaha Anda termasuk jenis agen, pengecer, produksi atau jasa/layanan. Termasuk juga, penjelasan tentang jenis usaha Anda, apakah termasuk kemitraan, atau agen tunggal. Anda juga harus menjelaskan siapa saja yang akan bertindak sebagai pemasar produk/jasa Anda. Kemampuan dan pengalaman apa saja yang sudah dimiliki oleh para tenaga pemasar Anda.

Kunjungi juga artikel dalam versi Bahasa Inggris secara lengkap di Entrepreneur Series

atau Cara Membuat Business Plan