Strategi adalah rangkaian taktik yang akan kita gunakan untuk memenangkan pertandingan. Ini berlaku juga dalam dunia pemasaran. Begitu pentingnya pemasaran sekarang ini, apalagi di era digital, strategi menjadi pilihan yang harus dilakukan sebelum kita “berperang”.

Berikut adalah strategi yang disusun berdasarkan pelajaran yang saya dapat dari Lisa Enckell, seorang pendiri Wrapp, yaitu:

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js


//
 

Situasi – Tuliskan dimana posisi Anda sekarang. Apakah Anda baru membuka usaha atau akan memasuki pasar yang baru? Atau selama ini usaha Anda tidak berjalan dengan baik? Tuliskan posisi Anda itu pada bagian situasi ini. Jika memang selama ini Anda sudah menjalankan usaha namun usaha Anda seolah-olah berjalan di tempat. Atau mungkin Anda akan memperluas pasar usaha Anda.

Tujuan – Apa yang akan kita kejar? Apa yang ingin kita capai? Ini akan mengarahkan atau mempertajam strategi yang akan kita buat sekaligus memberikan arahan kepada tim yang akan bekerja.

Sasaran – Terjemahkan tujuan Anda ke dalam beberapa sasaran? Apa yang ingin Anda capai pada periode tertentu? Sebutkan berapa lama Anda akan mencapai setiap sasaran.

Strategi – Strategi apa yang akan kita lakukan untuk mencapai sasaran. Apakah akan bermitra dengan pihak lain? Tuliskan gambaran besar bagaimana Anda akan memenangkan pertandingan.

Taktik – Saluran apa yang akan Anda gunakan? Sumber daya apa yang Anda miliki? Siapa yang akan menjadi sasaran konsumen kita?

Tuliskan strategi Anda dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang. Usahakan langsung fokus pada poin per poin.
//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

 

Seperti biasa: kalau menurut kamu postingan ini bermanfaat, bagikan ke teman kamu ya. Terima kasih selamanya.