Belakangan dunia dikejutkan dengan bocornya dokumen rahasia yang diduga terkait dengan penghindaran pajak, lebih dikenal dengan sebutan Panama Papers. Ini adalah hasil kerja the International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) – sebuah forum kerja sama wartawan dunia yang beranggotakan 370 wartawan dari 76 negara. Sebenarnya apa si Panama Papers itu? Seorang penulis German Lopez dari VOX.com menjelaskannya dengan cara yang lebih mudah, celengan babi. Begini penjelasannya, dengan saduran:

Katakanlah kamu mendapatkan uang jajan sebanyak 1000 rupiah setiap harinya dan Ibu kamu memintanya untuk menyisihkan seperempatnya, yaitu 250 rupiah, untuk dimasukkan ke celengan babi. Celengan babi itu kamu letakkan di laci kamar kamu. Ibu kamu tahu tentang hal itu dan beliau selalu memeriksanya, jadi Ibu kamu tau betul apakah kamu menyisihkan 250 rupiah itu atau malah kamu jajanin.

Suatu hari, kamu memutuskan “Aku ga mau ah mamaku tau uang yang aku miliki.” Jadi kamu pergi ke rumah teman kamu bernama Y dengan membawa celengan babi yang lain dan menitipkannya di rumah si Y. Mamanya si Y kan sangat sibuk sehingga tidak pernah punya waktu untuk memeriksa celengan babi yang disimpan (atau disembunyikan) di rumahnya. Jadi, kamu merasa aman dan jumlah uang di celengan babi kamu tetap rahasia.

Sekarang, semua teman-teman di sekitar rumahmu memiliki ide yang sama dengan kamu, dan mereka membawa celengan babinya yang lain ke rumah si Y. Alhasil, rumahnya si Y penuh dengan celengan babi.

Suatu hari, Ibunya si Y pulang ke rumah dan melihat semua celengan babi itu. Ia sangat marah dan memberitahukan kepada semua orang tua yang anak-anaknya menyembunyikan celengan babi.
//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js


//
Tidak semua orang yang melakukan hal tersebut (menyembunyikan celengan babi) bermaksud nakal. Mungkin ada kakak atau abang kamu yang suka mencongkeli celengen babi kamu, jadi kamu putuskan untuk menitipkannya di rumah si Y. Atau kamu bermaksud memberikan hadiah kejutan untuk ulang tahun Ibu kamu. Atau emang kamu senang aja ikut-ikutan sama teman untuk menitipkan celengan babi di rumah si Y. Atau, heheheh, karena kamu sedang menjalankan diet super, jadi kamu putuskan juga untuk menitipkan celengan babi di rumah si Y, soalnya kalau lihat celengan babi, kamu masih mau congkel-congkel juga buat beli Bakso atau Mie yang lewat.🙂

Di dunia nyata, banyak orang-orang penting yang tertangkap menyembunyikan celengan babinya di rumahnya Y yang berada di Panama. Hari ini ibu mereka mengetahui apa yang mereka lakukan. Dalam waktu ke depan, kita kan tahu mana dari orang-orang penting itu yang melakukannya untuk niat jahat atau malah untuk tujuan baik. Tetapi, hampir semuanya sedang dalam masalah karena apa yang mereka lakukan melanggar peraturan.

Perlu Gambar untuk Postingan kamu? Silakan lihat di sini

Seperti biasa: kalau menurut kamu postingan ini bermanfaat, bagikan ke teman kamu ya. Terima kasih selamanya.