oleh Hery Cahayadi

Batu akik Pandan akan terus mempesona bagi banyak orang. Penampakannya yang indah serta kesaktiannya membuat batu akik Pandan tidak akan pernah redup di lekang waktu.

Banyak orang yang beranggapan bahwa Batu Akik Pandan adalah Batunya Orang Betawi.  Namun hal ini kurang tepat. Memang benar, kepopuleran akik pandan di kalangan orang Betawi terangkat berkat Legenda Si Pitung. Disebutkan bahwa salah satu faktor kesaktian Si Pitung dalam menghadapi musuh-musuhnya (penjajah kolonial-VOC) adalah karena memakai batu akik pandan. Namun sebetulnya, asal bahan batu pandan sendiri bukanlah dari daerah Betawi (Batavia/Jayakarta).

Dalam istilah Gemology, batu akik pandan disebut dengan “Natural Agathe Chalcedony” atau “Natural Chalcedony”. Di Indonesia, bahan batu akik pandan dapat di daerah aliran sungai Ciliwung, Cisadane, Sukabumi, Lampung, Bengkulu, Pacitan, dll.

Jenis-Jenis Batu Akik Pandan

Berdasarkan seratnya, Batu Akik Pandan digolongkan menjadi 3 Jenis, yaitu:

Pertama, Batu Akik Pandan Serat Benang. Dinamakan Pandan Serat Benang karena penampakan dari batu akik jenis ini menunjukkan serat-serta seperti benang.

Kedua, Batu Akik Pandan Kapas. Jenis Batu Akik ini menampilkan penampakan seperti sebaran gumpalan awan yang terlihat begitu indah ketika mendapatkan pantulan sinar bahkan ketika didiamkan.

Ketiga, Batu Akik Pandan Nanas. Warnanya yang kuning menyerupai isi buah nanas. Perawatan yang baik untuk jenis batu pandan ini akan mengeluarkan warna merah.

Keempat, Batu Akik Pandan Merah. Untuk jenis ini, perawatan yang seksama dalam waktu yang cukup lama akan menghasilkan penampilan batu yang sangat bagus.

Kelima, Batu Akik Pandan Lumut. Warna hijau lumut dari jenis batu akik Pandan ini menampilkan keindahan dan keteduhan ketika melihatnya.

Keenam, Batu Akik Pandan Sutera. Warna putih sutera yang ditampilkan akan menggoda banyak orang yang melihatnya. Harganyapun tergolong mahal. Jenis batu ini sangat cocok untuk dijadikan investasi.

Ketujuh, Batu Akik Pandan Oli. Penamaan Batu Akik Pandan Oli berdasarkan penampilan warnyanya yang mendekati (seperti) warna hitam oli. Penampakan di dalam batunya terlihat hitam jernih.

KUMARA Gemstone

Metropolis Town Square Lt. 2 SA-5 No.16

Cikokol Tangerang

WA. 0899.749.9779

Seperti biasa: kalau menurut kamu postingan ini bermanfaat, bagikan ke teman kamu ya. Terima kasih selamanya.