Konsultasi Gratis. Belakangan ini semakin banyak pelaku usaha yang menjalankan toko online. Untuk dapat memulainya, nama toko online menjadi penting untuk diperhatikan. Bagaimana cara membuat nama toko online?

Berikut beberapa tips yang diambil dari namSlog.com:

  1. Buat Nama Toko Online kamu sesingkat mungkin. Nama yang singkat, dianjurkan 4-8 karakter, sangat membantu dalam menentukan posisi usaha kita. Selain untuk tujuan memenuhi keaslian nama, nama yang singkat juga dapat memenuhi unsur “mudah diingat”. Nama yang singkat juga harus mempertimbangkan “mudah dilafalkan” dan “mudah ditulis”. Hindari penggunaan nama usaha (nama toko online) yang sulit dibaca atau ditulis, seperti: www(.)gjxgt(.)com
  2. Pilih Nama Usaha yang Deskriptif. Deskriptif di sini berarti bahwa nama yang kita buat itu langsung menjelaskan tentang produk/jasa yang kita jual, contoh yang paling tepat adalah nama usaha “Those2Translate“, dari nama usaha tersebut, jelaslah bahwa Those2Translate memberikan jasa penerjemahan.
  3. Beranikan membuat nama yang “keluar” dari kebiasaan. Teknik ini membutuhkan perhatian dan penelitian yang lebih mendalam terkait nama yang akan kita buat. Contoh yang paling bagus untuk teknik ini adalah nama usaha “Virgin” – sebuah layanan penerbangan yang tentu nama “Virgin” ini sangat “jauh” kaitannya dengan dunia penerbangan.
  4. Pertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan budaya, khususnya terkait dengan arti dari nama usaha yang kita buat. Apakah nama yang kita buat mengandung arti negatif di suatu negara atau budaya tertentu?
  5. Pastikan nama yang kita pilih dapat kita jadikan merek dagang. Jika nama toko online kita bisa digunakan sebagai merek dagang, disarankan untuk segera didaftarkan ke Dirjen Hak Kekayaan Intelektual untuk mendapatkan Sertifikat Merek.

BACA JUGA⇒ Teknik Penamaan yang Sering Digunakan oleh Perusahaan Besar di Dunia