Seperti kita ketahui bahwa secara sederhana, copywriter (atau penulis naskah iklah) adalah seorang yang bekerja menulis naskah untuk keperluan iklan. Apa saja yang harus dilakukan oleh seorang Copywriter? Setidaknya ada (tiga) 3 hal utama yang harus dilakukan oleh seorang copywriter, yaitu:

1. Mengumpulkan Informasi terkait

Seorang penulis naskah iklan selalu berkutat dengan informasi atau data yang berkaitan dengan tema iklan yang akan ia ciptakan. Semakin banyak informasi yang dikumpulkan, dan tentu juga dipelajari dan dikuasai, semakin tajam naskah iklan yang akan dihasilkan. Informasi yang dapat dikumpulkan meliputi profil target konsumen/pengguna, gaya dan pilihan bahasa untuk kelompok usia terpilih, informasi tentang kompetitor, saluran iklan yang sesuai, dan lain sebagainya.

2. Bermesraan dengan ide

Jika pujangga setia dengan kasus sosial yang menjadi fokus pikiran dan hatinya, seorang penulis naskah bermesraan dengan ide-ide yang berseliweran di kepala (juga hatinya). Setiap ide yang keluar sebaiknya ditulis untuk kemudian dikelompokkan, lalu dipilih satu atau dua ide yang paling pas dengan tujuan atau sasaran naskah iklan yang akan ia ciptakan. Kalau begini, seorang penulis naskah adalah ia yang setia dan romantis, tentunya.🙂

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js


//

3. Mengemas Ide menjadi Naskah Yang Nancap

Ini adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang penulis naskah iklan karena memang sejatinya tugas seorang penulis naskah iklan adalah memproduksi naskah yang “nancap”. Pada tindakan ini, pemilihan bahasa, “permainan” kata menjadi sangat krusial untuk dipelajari. Perhatikan dengan seksama naskah iklan yang sudah dibuat karena naskah inilah yang akan menjadi “pandangan pertama” pembaca iklan. Jika tidak berhasil dalam membuat naskah iklan, mati pada pandangan pertama.

Demikian tiga (3) hal utama yang harus dilakukan oleh seorang penulis naskah iklan. Mari belajar.

Jika kamu punya ide lain terkait tulisan ini, silakan sapa guidoo.co melalui balok komentar di bawah ini. Jika kamu merasa tulisan ini bermanfaat, terima kasih untuk share nya.

Seperti biasa: kalau menurut kamu postingan ini bermanfaat, bagikan ke teman kamu ya. Terima kasih selamanya.