Ketika kita main AdSense, tentu kita ingin mencicipi pendapatan yang tinggi. Kerja keras dan tidak putus asa adalah dua syarat utama untuk tetap setiap bermain AdSense. Setiap proses yang kita lalui akan setimpal dengan setiap pundi-pundi yang masuk ke rekening akun AdSense kita. Pada bagian ini, kita akan membahas beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan AdSense, yaitu:
//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js


//

Cara 1: Pendapatan AdSense lebih tinggi untuk blog berbahasa Inggris

Blog yang ditulis dalam bahasa Inggris memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Jadi, tentu lebih banyak blog berbahasa Inggris dibandingkan dengan blog berbahasa nasional dari masing-masing negara, misalnya, blog berbahasa Indonesia. Karena tingginya persaingan blog berbahasa Inggris ini, google pun memberikan “hadiah” per klik yang cukup besar, bisa mencapai 1 – 10 USD per klik per kata kunci. WOW. Tentu, cara pertama ini mengharuskan kita untuk membuat blog dalam bahasa Inggris. Saya sendiri memulainya dengan membuat blog pariwisata wodatrip.com yang didalamnya juga memuat konten berbahasa Inggris. Oia, riset kata kunci juga harus dilakukan ya. Bermainlah di kata kunci yang sedang atau rendah tingkat persaingannya.

Cara 2: Meningkatkan Pendapatan AdSense dengan mengatur Ukuran dan Posisi Iklan

Seperti kita ketahui, google AdSense memberikan beberapa ukuran iklan. Setiap ukuran iklan memiliki kecenderungan diklik lebih tinggi untuk posisi-posisi tertentu.

Dimana posisi iklan yang paling mengundang pengunjung untuk mengkliknya?

Menurut pengalaman, posisi iklan yang paling banyak mendatangkan jumlah klik adalah posisi-posisi iklan yang berada di bawah judul postingan dengan ukuran 300 x 200 atau setelah prolog dengan iklan banner, di posisi paling bawah setelah postingan berakhir dengan ukuran 336 x 280 dan posisi iklan di bar samping untuk iklan responsif dimana ukuran iklan akan disesuaikan oleh Google AdSense atau kita juga bisa memasang iklan berukuran 300 x 600. Kalau kita lihat praktik penempatan iklan google Adwords yang pernah menerapkan posisi iklan di samping kanan (pada saat postingan ini dibuat – posisi iklan dimaksud sudah dihapus), sepertinya, posisi iklan di bar samping kurang mendapatkan jumlah klik yang signifikan.

Cara 3: Meningkatkan Pendapatan AdSense dengan main di Niche/Topik Tertentu

Cara ketiga ini sebaiknya dilakukan pada tahap awal kita mau ngeblog untuk tujuan AdSense atau mencari uang melalui online. Berikut beberapa niche yang sangat layak untuk diperhitungkan ketika kita ingin ngeblog berdasarkan nitche tertentu.

  • Niche Properti
  • Niche Kesehatan
  • Niche Olahraga
  • Niche Kecantikan
  • Niche Hobbi (tips dan trik)
  • Niche Blogging (tips dan trik)
  • Niche Pariwisata

Perlu dicatat bahwa setiap nitche memiliki tingkat persaingan yang berbeda. Untuk nitche tertentu memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi karena kita bukan saja bersaing dengan blogger profesional, tetapi juga bersaing dengan blog/website perusahaan besar. Saran saya pribadi si, sesuaikan saja dengan minat dan penguasaan materi yang kita miliki. Kalau uda sesuai dengan minat dan pengusaan materi, kita akan semakin asyik ngeblognya. Urusan pendapatan AdSense, nanti juga mengikuti.🙂

Demikian cara-cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan pendapatan AdSense kita. Semoga bermanfaat.
//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js


//

Seperti biasa: kalau menurut kamu postingan ini bermanfaat, bagikan ke teman kamu ya. Terima kasih selamanya.