Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak orang yang mulai menekuni dunia blogging. Selain karena alasan hobi menulis, ternyata blogging sudah terbukti banyak yang menghasilkan uang. Bahkan, sampai ada blogger – demikian nama yang disematkan untuk mereka yang aktif di dunia blogging –  yang memutuskan berhenti bekerja di perusahaan dalam posisi yang sudah cukup matang, hanya untuk alasan menekuni blogging. Ya, memang ngeblog sekarang sudah menjadi pilihan lain, mungkin juga pilihan utama, untuk menghasilkan uang secara online.

Apa saja yang harus kita lakukan untuk mulai blogging for money? Dari mana uang yang kita dapatkan?
//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js


//
Untuk memulainya kita bisa memulai dengan menentukan platform blogging mana yang sesuai dengan kita. Langsung saja menjawab pertanyaan di atas bahwa uang yang kita dapatkan dari hasil blogging, salah satunya adalah dari pemasangan iklan seperti contoh yang ditunjukkan pada iklan di atas, bar samping kanan, dan bagian bawah pada akhir postingan ini. Uang itu berasal dari program Adsense yang dijalankan oleh Google.

Ok, anggaplah kita memilih platform blogging wordpress. Berikut caranya.

Cara Membuat Blog di WordPress

  1. Silakan mulai dengan mendaftarkan blog di wordpress. Klik link ini. Karena bagian pendaftaran ini sangat mudah untuk dimengerti, saya tidak menjabarkannya lebih detil pada tahap pertama ini. Silakan ikuti petunjuk yang disediakan wordpress.
  2. Tentukan nama blog kamu. Untuk cara menentukan nama blog yang bagus, kamu bisa membaca 9 teknik membuat nama ini.
  3. Selanjutnya, ini yang harus pertama kali dilakukan, menentukan PERMALINKS. Masuk ke dashboard wordpress kamu, cari setting, lalu klik permalinks. Susunan permalink yang disarankan dan ramah Search Engine seperti Google Search adalah susunan permalink dengan POST NAME atau CUSTOM STRUCTURE. Jika kamu memilih custom structure untuk tujuan mempercantik permalink (URL), silakan baca caranya dengan dilengkapi gambar di sini.
  4. Jika sudah menata (setting) permalink, mulailah dengan postingan pertama kamu. Teknik yang paling sering dianjurkan oleh banyak penulis untuk memulai postingan pertama adalah “MUNTAHKAN SAJA”. Ya, muntahkan saja semua kata-kata yang ada di kepala kita untuk dapat mulai menulis. Setelah itu, otak kita akan bekerja untuk memilah, menyunting, menghapus, meneruskan, menata, dan sebagainya, bahkan sampai kita tidak berhenti menulis.🙂
  5. Jangan lupa share / bagikan postingan kamu di akun sosial media sebagai tanda perkenalan, kamu juga boleh bantu share postingan ini.🙂

Eh dimana cara menghasilkan uangnya?

Untuk dapat menghasilkan uang melalui blogging, sangat dan sangat membutuhkan usaha yang besar, konsistensi, dan kesabaran. Dunia blogging itu sangat dalam dan mungkin juga belum terselami, termasuk penulis seperti saya ini. Untuk beberapa tips blogging, kamu bisa membacanya di kategori blogging ini.

Bagi yang memilih platform wordpress, sayangnya kita harus menambahkan energi untuk dapat menghasilkan uang melalui wordpress, pasalnya wordpress, sama halnya dengan platform lain seperti blogger, blogspot, dan lainnya, memiliki kriteria blog yang ketat yang boleh memasang iklannya. Tapi jangan berkecil hati, anggaplah itu sebagai bagian dari latihan menulis. Jika kita ingin sedikit memotong jalur, kita bisa memulainya dengan ngeblog menggunakan domain TLD, seperti .com, .org, .co (seperti yang dipilih oleh guidoo.co). Untuk membeli domain TLD, guidoo.co bisa membantunya, diutamakan untuk blogger pemula.

Untuk mendapatkan domain TLD beserta hostinganya, kita perlu mengeluarkan kocek mulai dari 140.000 sampai 500.000 (bahkan jutaan). Biaya yang kita keluarkan sepadan ko dengan layanan yang kita terima. Ups, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Apakah kamu mau ngeblog untuk menghasilkan uang, atau hanya sekedar menyalurkan dan melatih hobi menulis. Atau kamu juga bisa memilih platform blogger gratis dari Google.

Manfaatkan undangan menulis dapat uang dari guidoo.co dan wodatrip.com (khusus untuk yang suka jalan-jalan)

Oia, untuk menghasilkan uang melalui blog, baca artikel ini ya. Artikel tersebut sangat penting dibaca saat awal-awal kita mulai ngeblog.

Untuk sekedar menyapa atau bertanya, silakan tinggalkan komentar kamu ya. Maaf dilarang meninggalkan link aktif. Terima kasih.
//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js


//

Seperti biasa: kalau menurut kamu postingan ini bermanfaat, bagikan ke teman kamu ya. Terima kasih selamanya.