Pernah mengunjungi laman suatu website dan menemukan 404 atau Not Found? Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalami hal tersebut. Mengapa kita berjumpa dengan 404? 404 itu merupakan pesan bahwa laman yang kita klik/tuju tidak dapat dijangkau karena alasan-alasan seperti salah mengetikkan URL, postingan pada laman tersebut sudah dihapus/terhapus. Intinya google tidak dapat menjangkau laman yang kita tuju, maka kita dikasih pesan sama google 404.🙂
//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js


//

Pesan 404 sering membuat pengunjung blog/website kita mengurungkan niatnya untuk terus mengunjungi blog/website kita. Kalau uda begini, sayang dong ya. Bisa juga terkait dengan citra nih nantinya. Nah, agar url blog/website kita tetap sehat, setidaknya minim 404, maka kita harus menghapus kesalahan crawl / kesalahan perayapan. Berikut caranya:

Cara Mengatasi Kesalahan Perayapan dengan menggunakan Webmaster Tool

Untuk mengatasi kesalahan perayapan atau menghilangkan pesan 404 pada blog/website, kita dapat menggunakan webmaster tool.

Pertama-tama, tentu kita harus masuk ke Google Webmaster (Search Console) untuk blog/web kita. Lalu klik Crawl Error (Kesalahan Perayapan) –> centang semua page/laman 404 lalu klik download.

kesalahan perayapan 404
Kesalahan Perayapan 404 | guidoo.co

Silakan pilih mau didownload dalam bentuk CSV atau Google Doc, mana saja yang Anda suka. Download ini akan berguna untuk tahap nanti ketika kita akan menghapus 404 tersebut.

Sekarang kita klik Google Index lalu Remove URLs (lihat bagian-bagian kiri atas pada webmaster). Setelah Remove URL terbuka, klik temporarily hide, dan kita akan melihat bar untuk memasukkan url 404 yang sudah kita download tadi. Sekarang silakan mulai masukkan.

Menghapus 404
Menghapus 404 melalui Webmaster Tool | guidoo.co

Ups, ketika kita masukkan URL 404 kita akan dihadapkan pada 3 pilihan, pilih saja Temporarily hide page from search results and remove from cache. Nah, sekarang kembali lanjut masukkan URL 404 ke bar tadi satu per satu. Iya satu per satu. Sabar ya, biar makin sehat blog/websitenya.

Selamat bekerja ceria sob.
//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js


//

Seperti biasa: kalau menurut kamu postingan ini bermanfaat, bagikan ke teman kamu ya. Terima kasih selamanya.