Para blogger patut bersenang hati. Pasalnya, semakin kesini, semakin banyak program yang menunjang aktifitas blogging untuk mendapatkan uang. Tidak ada alasan untuk menganggur dong ya bagi kita yang bisa baca-tulis plus main internet. Meski demikian, keterampilan lain seperti analisa keyword, cara menentukan judul yang menarik, menentukan nitche yang tepat, keterampilan SEO, layouting, dan keterampilan lainnya masih harus terus kita pelajari. Untuk belajar itu semua, blogging untuk mendapatkan uang, kategori blogging dari guidoo.co bisa menjadi teman kita.

Program-program blogging untuk mendapatkan uang dapat menjadi alternatif para blogger selain mengikuti program Adsense dari google. Jika kamu blogger sejati atau ingin mulai menekuni dunia blogging, silakan pilih program-program blogging dapat uang yang sesuai dengan blog kamu. Oia, jangan lupa perhatikan juga keberlangsungan program tersebut karena di Indonesia sendiri sudah ada program seperti ini yang sudah tutup, seperti Adreviewcamp, writercash.com, dan masih banyak lagi.

Untuk mempersingkat, guidoo.co membuat daftar program ngeblog dapat uang yang bisa dijadikan pilihan lain bagi para blogger. Daftar ini hanya memuat program yang aktif, terpercaya, dan dapat diandalkan.

Daftar Program Ngeblog Dapat Uang

Berikut adalah daftar program mencari uang secara online dengan mengandalkan kecintaan menulis:

  1. Program affiliate marketer. Untuk program jenis ini, banyak website yang menawarkan peluang untuk menjadi afiliasi marketing mereka. Beberapa di antaranya adalah program afiliasi dari Bhinneka untuk berbagai jenis produk, program afiliasi dari niagahoster untuk produk domain dan hosting, dan program afiliasi dari  AVG untuk produk yang berkaitan dengan software.
  2. Program freelancer. Program jenis ini menawarkan berbagai kesempatan mendapatkan uang dengan cara menjual artikel, menerjemahkan, menawarkan jasa desain, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang keranjingan menulis, suka menerjemahkan dan desain, program sejenis ini bisa menjadi pilihan karena selain harganya yang cukup tinggi, program ini juga bisa menjadi sarana blogger untuk berinteraksi dengan dunia luar. Beberapa program freelancer yang dapat kita jadikan pilihan untuk mendapatkan uang adalah: problogger, upwork, freelancer. Untuk program freelancer besutan dalam negeri ada sribulancer, projects dan iblogmarket.
  3. Program Paid Survey. Program ini membawa kita untuk mengisi survei yang disediakan. Setiap survei yang kita ikuti, kita berkesempatan memenangkan hadiah. Untuk di Indonesia, program paid survey yang masih berjalan dan dapat dipercaya adalah program paid survey dari nusaresearch.
  4. Program Paid to Review (PTR). Bagi kamu yang suka menulis review tentang produk atau layanan tertentu, program paid review ini cocok untuk kamu. Melalui program ini, kita harus membuat review atau ulasan tentang produk, jasa, atau perusahaan yang disodorkan atau kita pilih sendiri melalui program paid reviewa tempat kita terdaftar. Untuk saat ini, program paid review sudah banyak yang tutup atau mungkin sepi peminatnya. Salah satu program paid to review yang masih aktif sekarang ini adalah UserTesting.
  5. Program Menulis untuk Website/Blog. Nah, untuk program ini kita bisa langsung memanfaatkan program undangan menulis dapat uang dari guidoo.co dan untuk yang suka jalan-jalan, kirimkan tulisan tentang jalan-jalan kamu ke wodatrip.com untuk mendapatkan uang dari hasil klik iklan yang terpasang.

Demikian lima program online yang dapat kita jadikan pilihan untuk mengoptimalkan aktifitas blogging kita untuk mendapatkan uang. Jika kamu punya informasi tentang program sejenis ini, silakan tinggalkan pesan kamu di balok komentar. Oia, jauh lebih penting dari program tersebut di atas adalah kita harus rajin memperbarui blog atau website kita ya.
//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Seperti biasa: kalau menurut kamu postingan ini bermanfaat, bagikan ke teman kamu ya. Terima kasih selamanya.